Obat Panas

Written By Bariq Rizqullah on Rabu, 24 September 2014 | Rabu, September 24, 2014

//
Obat Panas: Kita sering mendengar petuah jika anak balita kita demam "jangan panik" tapi kenyataannya ketika hal itu menimpa anak sendiri, nasihat itu seakan - akan tidak berlaku, orang tua mana yang tidak merasa cemas saay mendapati anak balitanya demam tinggi. Artikel kali ini untuk menambah wawasan kita dalam melakukan tindakan prefentif ketika menghadapi balita yang demam tinggi. Pada postingan sebelumnya memang saya menulis artikel Obat Panas Dingin serta Obat Penurun Panas Anak. Saat inipun masih tentang resep obat ramuan tradisional untuk menurunkan demam tinggi yang aman untuk balita.



Banyak bahan tanaman yang bisa digunakan untuk meramu obat panas, seperti air kelapa muda , lempuyang emprit, kunyit, pegagan, bawang merah, dan banyak lagi tanaman obat lainnya. Kecuali kunyit dan bawang merah yang hampir pasti tersedia di dapur , bahan - bahan lainnya biasanya harus dipetik atau sengaja membeli dulu, sebab di rumah jarang dengan sengaja menyediakan kelapa muda atau pegagan. Yang paling mudah cara pembuatan dan cara pengobatannya adalah Obat Panas dengan bahan bawang merah. Bahkan resep inilah yang paling sering saya praktekan ketika anak saya demam waktu dia masih kecil (saat ini sudah ABG) resepnya bisa anda baca pada Obat Penurun Panas Anak.

Lempuyang Emprit Obat Panas, cuma kadang kala yang jadi masalah itu cukup susah pada saat meminumkan ramuan yang terbuat dari bahan ini karena rasanya pahit, untuk menyiasatinya anda bisa menambahkan madu asli. Ambilah bagian rimpang dari lempuyang emprit warnanya putih kekuning-kuningan. Cara pembuatannya, sediakan 10 gram lempuyang emprit kemudian cuci dengan bersih, parut dengan parut halus, seduh dengan 50 cc air panas dan aduk aduk, kemudian peras dengan kain kasa, hasil perasaan inilah yang dijadikan obat panas herbal untuk anak. Selain untuk menambah khasiatnya, dengan menambahkan madu asli secukupnya bisa memberikan rasa manis pada ramuan ini sehingga tidak terlalu sulit untuk meminumkan kepada anak yang menderita demam, minum 2 kali sehari selama panasnya masih tinggi.

Daun Kaki Kuda Obat Panas, daun yang berbentuk kipas ginjal dan berwarna hijau ini seringpula disebut daun pegagan., kandungan hidrokotilin, triterpenoid, saponin, dan velarin yang terkandung didalam tanaman obat ini mempunyai khasiat dalam menurunkan suhu badan yang terlalu tinggi atau demam. Selain menurunkan panas, ramuan inipun bermanfaat untuk menambah selera makan anak. Adapun cara pembuatan Obat Panas Herbal dengan daun kaki kuda ini dengan merebus daun pegagan segar kira - kira satu genggaman tangan dalam 1/2 liter air bersih, biarkan mendidih dan airnya susut sampai tersisa setengahnya, angkat, tiriskan, 1 resep ini untuk 2 kali minum, tambahkan madu secukupnya, minumkan pagi dan sore hari.


1 komentar:

jaket kulit mengatakan...

salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajin jaket kulit

Posting Komentar