Obat Tradisional Kutu Air

Written By Bariq Rizqullah on Senin, 06 Oktober 2014 | Senin, Oktober 06, 2014

//
Pernahkan anda mendengar penyakit kutu air?...Sebuah penyakit yang disebabkan oleh jamur dan biasanya menyerang bagian kaki terutama diantara sela - sela jari jemarinya. Selain menimbulkan rasa perih dan gatal, jika dibiarkan bisa terkena infeksi dan tentu saja sangat mengganggu aktifitas kehidupan anda sehari - hari. Sebenarnya jamur ini bisa pula menyebar pada bagian tubuh lainnya seperti kulit kepala, pangkal paha atau jari tangan. Selain dengan salp atau obat oles yang bisa dibeli di apotik, sebenarnya ada cara alami dengan Obat Tradisional Kutu Air yang bisa anda ramu sendiri, tentu saja cara pembuatannya tidak ribet dan bahan - bahannya mudah didapatkan.



Timbulnya penyakit kutu air akibat jamur Dermatophytes dan Tricophyton yang hinggap dan menyerang bagian tubuh kita, terutama kaki. Jamur ini biasanya hidup di dalam air atau tanah yang basah dan pesawahan. Namun tidak berarti kita yang hidup di kota tidak mungkin terkena penyakit ini, bisa saja karena kita lalai untuk mengeringkan jari kaki dengan benar sehabis dari toilet, bahkan pasca banjir di kota besar seringkali ditemukan warga yang mengalami tanda - tanda terserang kutu air.

Selain menyebabkan rasa perih dan gatal, pada kasus penderita yang akut bisa mengakibatkan kulit kaki rapuh dan mengelupas bahkan meninggalkan luka sobek yang menganga. Untuk mengenali gejala atau tanda - tanda terserang penyakit kutu air diantaranya adalah jika permukaan kulit kaki terlihat merah dan terasa gatal disertai rasa panas diantara ruas jemarinya.

Ada beberapa tip atau cara mengobati kutu air dengan resep Obat Tradisional Kutu Air yang akan dibahas dibawah ini. Sebab jika dibiarkan terus berlarut larut tentu saja penyakit ini akan semakin menyebar dan pengobatannya semakin sulit. Hati - hati, penyakit ini menular, terjadinya kontak fisik dengan penderita, atau berenang di kolam renang umum yang telah terkontaminasi jamur kutu air bisa menyebabkan anda tertular walaupun selama ini anda telah merasa menjaga kebersihan dengan sangat baik sekitar rumah anda.

Inilah tips atau cara mengobati penyakit kutu air tradisional. Untuk meminimalisir rasa gatal serta membasmi jamur rendamlah kaki anda dalam air larutan garam. Sediakan air hangat satu baskom tambahkan 2 atau 3 sendok garam kemudian aduk, rendamlah bagian kaki yang terjangkit kutu air dalam larutan ini selama 20 menit atau lebih, garam mempunyai kandungan anti jamur dan jika anda teratur melakukan pengobatan ini lambat laun penyakit yang menjengkelkan itu akan lenyap. Selain garam, andapun bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel mempunyai kandungan yang bisa mengatur pH kulit, namun cara membuat rendaman dari cuku apel ini sedikit berbeda dengan garam, perbandingan antara air hangat dan cuka 1 berbanding satu.

Resep Obat Tradisional Kutu Air lainnya bisa anda gunakan bawang putih. Bukan hal sulit untuk mencari bahan ini, hampir pasti di setiap dapur rumah anda tersedia bumbu masak ini. Bawang putih mempunyai kandungan antibiotik yang bisa menghambat dan membasti menyebarnya kutu ini. Caranya sederhana sekali, kupas kulit bawang putih secukupnya, kemudian tumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian kaki atau tubuh lainnya yang terjangkit jamur ini.

Bisa pula anda gunakan daun sirih untuk melenyapkan penyakit kutu air ini. Ambilah 15 lembar daun sirih atau lebih, remas - remas sampai lusuh dan didihkan dalam panci sedang sampai mendidih, angkat dan masukan dalam baskom yang sebelumnya telah diisi air dingin, tambahkan 2 sendok garam, aduk dan rendam kaki anda kurang lebih 30 menit. Jika masih terlalu panas bisa anda tambahkan air dingin, sebaiknya perendaman ini dilakukan menjelang tidur malam. Itulah beberapa resep Obat Tradisional Kutu Air, semoga bisa bermanfaat. Obat Tradisional








0 komentar:

Posting Komentar