Penyebab Penyakit Asam Urat

Written By Bariq Rizqullah on Jumat, 29 Agustus 2014 | Jumat, Agustus 29, 2014

//
Penyebab Penyakit Asam Urat : Jika sebelumnya saya pernah menulis tentang Obat Asam Urat  , artikel kali ini masih berkaitan erat dengan penyakit yang satu itu. Disamping mengulas tentang penyebab Asam Urat, tulisan inipun berisi tentang cara mendeteksi lebih dini tanda - tanda atau gejala penyakit asam urat?!. Sebab kita percaya sebuah tindakan pengobatan lebih awal terhadap sebuah penyakit, hasilnyapun akan jauh lebih baik dan lebih mudah penanganannya dibanding ketika penyakit itu telah cukup akut.

Menurut survei penyakit asam urat lebih banyak diderita oleh kaum laki - laki, tapi tidak berarti para perempuan bisa bebas dari jangkitan penyakit ini, cuma persentase menurut gender, para lelakilah yang lebih banyak menderita penyakit asam urat.

Kenalilah gejala asam urat sedini mungkin, sebab seperti pernah saya utarakan sebelumnya, banyak penderita asam urat pada awalnya mereka menganggap bahwa nyeri sendi yang dialaminya adalah akibat menderita rematik. Dibawah ini adalah tanda - tanda terkena penyakit asam urat:

Persendian tampak kemerah - merahan dan bengkak, merasakan seolah - olah kesemutan, ngilu bahkan terasa sakit yang tiada tara. Jika sakit pada sendi yang anda rasakan terus berulang - ulang, anda harus cukup waspada "ini bukan gejala rhematik", apalagi jika yang terserang itu bukan hanya pinggul, jika tumit, jari kaki, pergelangan tangan dan jari tangan termasuk yang merasakan ngilu dan nyeri, ini termasuk waspada level 1. Supaya yakin dalam melakukan tindakan pengobatan, anda lebih baik melakukan cek kadar asam urat anda di laboratorium, pada pria kadar asam urat dianggap normal berkisar 3,6 sampai 7 mg/dl , sedangkan pada wanita antara 2,5 s/d 6 mg/dl.

Pada beberapa kasus penderita asam urat yang mengabaikan dalam penanganan pengobatannya, ternyata pada akhirnya justru timbul penyakit tambahan yang sangat mungkin berkaitan erat dengan penyakit asam urat yang dideritanya, terabaikannya penyakit asam urat bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal, tentu saja ini sebuah mimpi buruk.

Beberapa hal yang dianggap sebagai penyebab seseorang terkena penyakit asam urat diantaranya pengkonsumsian secara berlebihan zat yang mengandung purin dan ketika terjadi metabolisme di dalam tubuh zat purin berubah menjadi asam urat sedangkan ginjal tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat tadi, akhirnya kelebihan asam urat ini menumpuk pada persendian dan hal inilah yang mengakibatkan memar dan membengkaknya sendi - sendi yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit itu.

Beberapa makanan yang dianggap berandil besar sebagai pemicu penyakit asam urat diantaranya kacang - kacangan, seperti kacang tanah, kacang ijo, melinjo dan turunannya / emping, kedelai serta turunannya ; tahu tempe dll, seafood serta jeroan. Sedangkan makanan yang cukup baik untuk membantu proses penyembuhan penderita asam urat, diantaranya makan yang banyak mengandung potasium seperti kentang dan pisang, buah - buahan bervitamin C.

0 komentar:

Posting Komentar