Khasiat Bengle Tanaman Obat

Written By Unknown on Senin, 21 Juli 2014 | Senin, Juli 21, 2014

//
Manfaat Bengle: Tanaman Obat yang satu ini dipercaya bisa menjadi penyembuh beberapa macam penyakit, seperti mengobati perut mules, sakit kuning, gangguan syaraf, pembersih darah, lemah jantung serta bisa dijadikan obat pelangsing perut bagi ibu - ibu yang baru melahirkan. Bengle yang mempunyai nama latin Zingiber Purpureum Roxb bisa tumbuh dan berkembang dengan baik asal mendapat cahaya matahari yang cukup. Untuk mencari tumbuhan ini tidaklah sukar, banyak pekarangan rumah di sekitar kita yang menanam tanaman ini.

Bengle atau Bangle adalah tanaman obat yang berasal dari India, dan persamaan iklim dengan kebanyakan daerah di Indonesia membuat tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur di daerah tropis ini. Tanaman yang bisa ditumbuh biakan dengan cara di stek ini bisa kita jumpai terutama di pulau Jawa yang memang sangat terkenal dengan segala macam ramuan atau jamu - jamuan.

Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat tanaman obat Bengle yang bisa anda coba praktekan dan rasakan sendiri manfaatnya;

Obat Perut Mules dengan Bengle:  Siapkan beberapa rimpang bengle/bangle, setengah jari tangan lempuyang wangi, serta kencur dan jahe. Cuci dengan bersih semua bahan obat alternatif tadi, kemudian iris dengan tipis - tipis. Sediakan 1 setengah gelas air bersih, rebuslah semua bahan tadi sampai benar - benar mendidih dan airnya tersisa sekitar setengahnya. Tiriskan, biarkan sampai hangat suam - suam kuku, minumlah ramuan tadi dan jika mulut anda kurang terbiasa dengan jamu - jamuan, untuk menghilangkan rasa enegnya bisa anda minum sesendok madu, ramuan ini juga dipercaya bisa mengobati masuk angin.

Bengle sebagai obat Cacingan: Siapkan 4 rimpang bengle, 6 lbr daun sirih, 3 jari temu hitam dan 7 biji ketumbar. Cuci bersih bahan - bahan diatas, kemudian iris dengan tipis 4 rimpang bangle tadi, tumbuk sampai benar - benar halu semua bahan obat tradisional ini, lantas anda didihkan segelas air bersih, masukan bahan yang telah diulek dengan halus, aduk aduk hingga merata, peraslah dengan kain kasa, minumlah air perasan tadi. Jika anda cukup telaten meminum ramuan ini seminggu 2 kali saja, insyaalloh anda atau anak anda akan terhindar dari penyakit cacingan.

Bengle Obat Lever/Penyakit Kuning; Sediakan 1 rimpang bengle, 1 sendok madu asli, cara pembuatannya cukup simple dan sangat mudah. Cuci bengle sampai benar - benar bersih, iris - iris atau lebih baiknya anda parut bangle tadi, kemudian didihkan segelas air. Seduhlah parutan bengle tadi dengan air yang telah dididihkan tadi dan campurkan sesendok madu, peras dengan kain kasa, minumlah hasil ramuan bengle ini tiap pagi dan sore hari. Dengan meminum ramuan tradisional dengan bahan baku bengle ini secara teratur, penyakit kuning anda akan berangsur sembuh.

Sehat itu mahal, maka berhati hati menjaga kesehatan sebelum sakit merupakan tindakan yang sangat bijaksana untuk anda dan dompet anda. Semoga artikel manfaat / khasiat tanaman obat ini bisa memberi manfaat untuk anda. Catatan: rimpang adalah bagian tanaman yang tumbuh menjalar dibawah permukaan tanah,semacam umbi pada ubi jalar atau kentang, dan rimpang ini bisa menghasilkan tunas dan akar sehingga bisa dijadikan bibit untuk perkembangbiakan lebih banyak. Khasiat Tanaman Obat Keluarga

0 komentar:

Posting Komentar